Oleh Dery Rizki P.
Instagram :@deryrizkipurwanto
Penambangan sering dikaitkan dengan kerusakan lingkungan yang memberikan dampak negatif kepada masyarakat sekitar. Berbeda dengan wisata Brown Canyon yang lahir dari aktivitas penambangan. Brown Canyon masih termasuk di wilayah Kota Semarang, Jawa tengah tepatnya di Meteseh, Tembalang.
Akibat pengerukan yang dilakukan terus menerus setiap hari, bukit yang tinggi kini berubah menjadi susunan tebing yang indah dan sering dikaitkan dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Hal itu juga yang mendasari penamaan Brown Canyon.
    Kamu bisa menikmati sore hari disana dengan pmandangan matahari yang indah. Jika kamu suka bersepeda, mungkin itu bisa menjadi cara alternatif menikmati tebing di Brown Canyon. Hanya foto-foto pun tidak masalah untuk menambah post di sosial media.
Untuk akses menuju ke sana masih terbilang sulit karena jalan yang belum baik dan belum ada yang menjadi pengelola wisata resmi. Hal tersebut yang membuat Brown Canyon hanya sebagai wisata umum gratis tanpa fasilitas sedikit pun.
Jika kamu ingin ke sana, kamu harus membawa perlengkapan seperti masker atau penutup lainnya untuk melindungi dari debu. Banyaknya debu disana karena aktivitas penambangan yang masih aktif dan banyak alat berat yang masih bekerja. Selain itu, disana tidak ada yang berjualan. Pastikan kamu membawa bekal makanan atau minuman sendiri jika kamu ingin berlama-lama disana.
Tidak ada jam operasional wisata Brown Canyon, jadi kamu bisa kesana kapan saja. Bagaimana menurut kamu? Apakah sekarang punya wish list untuk berkunjung ke Brown Canyon? Oh iya, Tapi ingat,  Brown Canyon masih aktif dalam aktivitas penambangan, jadi pastikan kamu tidak mengganggu kegiatan disana dan jangan lupa utamakan keselamatan ya!