Oleh Dery Rizki P.
Instagram :@deryrizkipurwanto

Gunung Papandayan terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Terkenal dengan kawahnya yang banyak dan memberikan kenangan tersendiri bagi pendaki, Gunung Papandayan lebih banyak didominasi oleh batuan kapur. Selama perjalanan mendaki,  kamu akan ditemani oleh indahnya pemandangan yang tidak akan ada habisnya sejauh mata memandang.

Saat ini, Gunung Papandayan telah dikelola oleh perusahaan swasta dan fasilitas yang diberikan sudah cukup memadai. Gunung Papandayan tidak hanya bisa dinikmati oleh pendaki yang berpengalaman saja, tetapi semua kalangan pun bisa. Pengalaman saya yang baru mendaki Gunung Papandayan, sering terlihat anak-anak dan lansia yang juga mendaki Gunung Papandayan. 



Tentu karena fasilitas yang telah memadai disana, seperti ojek dan tangga alami yang mengantarkan sampai ke pemandangan kawah. Bagaimana jika ingin buang air? Pengelola juga telah menyediakan banyak toilet umum disana.

Untuk kamu yang ingin bermalam disana juga bisa mengambil alternatif mendirikan tenda di Pos Pondok Saladah atau Gubber Hood. Kenapa harus bermalam disana? Karena jika beruntung dan langit cerah, maka akan sangat banyak bintang di langit yang bisa kamu nikmati di malam hari. Sedangkan untuk pemandangan matahari terbit, sangat indah dinikmati di Hutan Mati. 

Hutan Mati adalah salah satu tujuan utama pendaki yang mendaki Gunung Papandayan. Keunikannya terletak pada banyaknya pohon mati tanpa daun karena aktivitas vulkanik Gunung Papandayan. Kombinasi antara pohon mati dengan batuan kapur menjadi tujuan pendaki untuk berfoto.

Meskipun sangat mudah untuk bisa mendaki Gunung Papandayan, persiapanmu dalam melakukan pendakian ini juga harus aman. Setidaknya, kamu harus membawa peralatan dasar mendaki seperti tenda, peralatan penghangat seperti jaket atau sleeping bag, dan matras untuk alas tidur. Tetap utamakan keselamatan dalam perjalananmu ya!