Filipina menjadi negara tuan rumah SEA Games 2019. Fakta ini jadi kontroversial mengingat ada banyak masalah yang timbul. Seolah, Filipina tidak siap jadi tuan rumah.

Masalah-masalah dalam SEA Games 2019 itu antara lain, ballroom yang kurang layak. Beberapa atlet yang terabaikan. Juga, kamar hotel yang kurang.

Karena malu hal ini, ada banyak SEA Games 2019 volunteer dari Filipina yang sukarela untuk membantu agar perhelatan ini berjalan dengan lancar dan tidak ada lagi hal memalukan. Bahkan, ada beberapa pengusaha hotel yang rela hotelnya digunakan tempat menginap atlet.

Masih ada banyak hal dari Filipina yang di mata kita mungkin janggal. Penasaran? Lihat di sini ya:

Makan-Makanan Daur Ulang
Di Filipina, ada makanan yang bernama Pangpang, dan makanan ini berasal dari sisa-sisa konsumsi manusia di sampah. Ya, kamu tidak salah baca. 

Ini mungkin menjijikkan buatmu. Namun, buat masyarakat menengah ke bawah, tidak menjadi masalah. Diberi bumbu, dicampur, diolah kembali, rasanya dianggap lezat.


Hidup di Dekat Makam
Banyak di antara kamu yang mungkin takut dengan kuburan. Namun tidak dengan penduduk di Manila North Cemetery. Secara ilegal, mereka tinggal di dekat makam. 

Padahal, banyak kerangka dari makam yang dikeluarkan setelah melewati jangka waktu tertentu. Ini berlangsung karena semakin sempitnya lahan pemakaman dan pemakaman mereka harus diganti oleh mayat lain.

Setelah dikeluarkan, kerangka itu hanya dibakar saja. Dan ya, penduduk di sana tinggal berdekatan dengan kerangka-kerangka gosong itu..

Naik Lori Dorong di Rel
Saat melewati rel kereta, kamu pasti akan berhati-hati. Tentu saja, kamu tidak akan mau mengambil risiko tertabrak kereta. Hal itu berlaku ketika kamu naik mobil atau motor.

Namun, orang Filipina nekatnya tidak karuan. Banyak transportasi lori dorong yang dijalankan di atas rel. Harganya jauh lebih murah daripada kereta, dan karena tidak terjadwal, maka lebih fleksibel.

Pengemudinya mendorong lori, dan minggir saat kereta lewat. Namun, bisa saja tidak ada waktu untuk berhati-hati, bukan?

Masalah pada SEA Games 2019 memang adalah tentang ketidaksiapan Filipina. Namun, hal itu tentu bergantung pada budaya di negara tersebut. Birokrasi rumit, dan kesenjangan sosial membuat banyak hal tidak berjalan dengan teratur.